Hal-hal Yang Timnas Brasil Harus Pikirkan Sebelum Piala Dunia 2018

Persoalan Tite di Timnas Brasil 2018

Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung sekitar 2 bulan lagi, tim nasional Brasil menunjukkan potensi untuk menjadi salah satu kandidat juara di Rusia.

Pasukan Tite dapat bermain impresif untuk berdiri di puncak klasemen Zona CONMEBOL dan sudah memastikan kelolosan mereka ke putaran final tahun 2018.

Walau demikian bukan berarti tim Samba sekarang ini sudah seutuhnya ideal. Masih ada beberapa potensi masalah di sejumlah bagian.

Berikut ialah beberapa hal yang harus diselesaikan oleh Tite sebelum Piala Dunia Rusia bergulir.

Penjaga gawang muda yang belum berpengalaman

4 tahun lalu edisi Piala Dunia Brasil, Luiz Felipe Scolari berjudi dengan memilih Julio Cesar, yang berusia 34 tahun, sebagai kiper nomor satu Selecao. Dan kiper itu mampu membalas kepercayaannya dengan menyelamatkan tim di sesi adu penalti melawan Chile di babak 16 besar.

Tite, di sisi lain, memercayakan tempat utama kepada Alisson, yang menghabiskan sebagian besar musim lalu dengan menyaksikan pertandingan Roma dari bangku cadangan.

Untuk pilihan kedua, Tite memiliki kiper muda lainnya yaitu Ederson, yang mulai musim ini bermain untuk Manchester City. Jika pilihannya tidak berubah, maka Brasil akan membawa tiga kiper pemula ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1990. Dan itu adalah hal yang cukup mengkhawatirkan.

Filipe Luís

Filipe Luis terus bermain konsisten di ini belakang Atletico Madrid. Ia dipandang sebagai salah satu bek kiri tertangguh di Eropa, dengan kemampuannya yang seimbang dalam bertahan dan menyerang.

Tetapi di Brasil, ia sungguh kerepotan untuk menambahkan caps-nya. Kehadiran Marcelo membuat Luis minim untuk tampil di tim utama, sementara di sisi kanan, Dani Alves masih memiliki pengaruhnya.

Mencadangkan pemain sekelas Luis adalah hal yang disayangkan, dan jika Tite memiliki pemecahan masalah tersebut, maka itu akan sangat baik.

Baca Juga : Prediksi Squad Timnas Brasil di Piala Dunia 2018

Duet di lini belakang

Thiago Silva sering menjadi pemain cadangan di tim Brasil, terutama setelah timnya tersingkir secara mengenaskan di Piala Dunia terakhir.

Tetapi secara perlahan masuk ke dalam pilihan serius Tite. Dia adalah cadangan langsung dari Miranda atau Marquinhos. Tempat keempat di tempat bek tengah masih diperebutkan oleh sejumlah pemain, tetapi David Luiz kemungkinan akan meraihnya.

Melihat 2 pemain berpengalaman Thiago Silva dan David Luiz saat ini jadi cadangan di Brasil ialah hal yang miris. Tetapi Tite tentu memiliki pendapatnya sendiri.

Susunan lini tengah Selecao

Brasil sekarang ini punya sejumlah pemain yang dapat jadi pilihan untuk isi garis tengah mereka. Philippe Coutinho ialah satu nama di antaranya. Selain itu ada sejumlah nama lain seperti Renato Augusto, Fernandinho dan Paulinho.

Tetapi kalau melihat dari penampilan di klub masing-masing, kehadiran dari Casemiro merupakan kewajiban di garis tengah Brasil. Tite punya banyak opsi gelandang dengan berbagai tipe, dan pilihan strateginya akan amat penting untuk mengakomodasi para gelandang berkualitas miliknya.

Roberto Firmino

Roberto Firmino amat mungkin tampil di Rusia. Namun itu kalau Gabriel Jesus sungguh alami penurunan dalam performanya. Dengan adanya Neymar, Willian dan Douglas Costa, maka pilihan Roberto Firmino di tim inti Brasil adalah posisi penyerang tengah.

Firmino perlu berselisih dengan Gabriel Jesus untuk mendapatkan kesempatan bermain dari Tite. Sampai saat ini Firmino tampil oke di Liverpool, dan memilih antara dirinya dengan Gabriel Jesus merupakan rintangan untuk Tite.

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>